Dasar 02 – mengisi papan

cap_basicKali ini kita akan fokus pada bagaimana ‘mengisi papan’—menaruh kata yang kita buat dari rak ke atas papan (board). Sama seperti sebelumnya, jika ada kata-kata yang tidak dimengerti, abaikan saja dulu.

01Papan kosong. Kita mengisi board (papan) dengan membuat kata secara mendatar (kiri ke kanan) atau menurun (atas ke bawah). Kata pertama tersebut harus mengenai center (kotak tengah, biasanya bertanda bintang).

Pemain berikutnya (dan seterusnya) bebas mengisi papan, dengan syarat kata yang dibuat harus mengenai kata yang sudah ada di papan, tidak boleh membuat kata sendiri secara terpisah (keping hurufnya harus ‘nyambung’).

02Buang-x ambil-x. Maksudnya, setelah membuat kata, pemain wajib mengambil (dari bag) tiles dalam jumlah yang sama (sehingga total tile-nya di rak akan tetap tujuh). Lihat diagram di kanan. Pemain pertama jalan INTER—pakai lima, berarti ybs mesti ambil lima pula. Pemain kedua jalan ONCE—pakai tiga (bukan empat karena N pinjam dari INTER), ambil tiga.

Jurus #1: menyilang. Lihat diagram di kanan lagi (kata ONCE menyilang kata INTER). Ini adalah cara paling lazim.

Jurus #2: paralel (sejajar). Lihat tanda panah kuning pada gambar di atas. Selain dengan menyilang, kita juga bisa membuat kata secara paralel. Pada contoh, alih-alih kita silang, kata ONCE kita paralel. Kita paralel dengan [kata] apa? Terserah, tapi semua kata yang terbentuk harus ‘bunyi’ atau sah (misalnya RUN atau RUNS). Jadi di sini dalam satu kali giliran jalan kita membuat dua kata sekaligus (RUN dan RE). Tapi kita akan coba dengan kata lain (sekali lagi, jika tak tahu artinya abaikan saja dulu).

04Jurus #3: hook (mengait). Lihat panah pada diagram di kiri (abaikan dulu semua kata yang tidak berhubungan langsung).

Pada contoh ini, kata LID akan kita hook (kait) dari kotak merah yang ada di tepi.

Ketentuannya sama: semua kata yang terbentuk harus ‘bunyi’ (merupakan kata yang sah). Dan serupa dengan paralel, jurus hook ini akan membuat kita mampu membentuk lebih dari satu kata dalam satu kali giliran jalan.

05Komposisi yang tidak balanced (tidak seimbangnya perbandingan antara vokal dan konsonan di rak). Lihat diagram di kanan: konsonan semua, tidak ada vokal sama sekali! (blank bisa jadi huruf apa saja, tapi dalam conroh ini sengaja tidak kita gunakan). Lalu bagaimana? Karena hanya punya konsonan, berarti kita perlu vokal dari papan. Dalam contoh ini, vokal bebas yang bisa gunakan adalah A dan I (dari AKIN) serta U (dari RUNS). Kata yang bisa kita buat misalnya HARD, ALL, HALL, HULL dan HURL.

06Paralel (contoh). Agar semakin mantap, kita akan mencoba mempraktekkan jurus ini lagi. Lihat diagram di kiri.

Kalau tadi kita sudah memparalel ONCE dengan OUR (yang berakibat terbentuk dua kata sekaligus yaitu OUR dan OE), kini kita akan memparalel MENU dengan WAX (lihat panah kuning).

Berapa kata yang terbentuk dalam sekali jalan? Dalam contoh ini, akan ada tiga kata sekaligus yaitu WAX, MA dan EX.

07Jurus #4: memanjangkan (sebuah kata kita beri tambahan huruf—sehingga jadi lebih panjang). Lihat diagram. Pemain yang baru saja jalan menambah INTER dengan N (sehingga menjadi INTERN).

Memanjangkan kata tidak hanya boleh di belakang, tetapi juga bisa di depan atau bahkan depan dan belakang sekaligus. Jadi kata INTER pada contoh ini bisa kita panjangkan dengan lebih dari satu cara: PAINTER, WINTERS dsb (jika memang kita punya huruf-hurufnya, tentu saja).

08 08a Jurus Combo. Menggunakan lebih dari satu jurus dalam sekali jalan.

Diagram: QUEY memparalel AKIN sekaligus menyilang RUNS (dalam contoh ini, kata lain yang terbentuk adalah QI).

09Memanjangkan (contoh). Kata INTER yang sudah dibuat lebih panjang menjadi INTERN akan kita buat lebih panjang lagi.

Jika kita ingin mencapai kotak merah di bawah, maka alternatif kata yang harus kita buat misalnya adalah INTERNEE, INTERNES atau INTERNED.

Akan tetapi jika melihat stok yang ada di rak (kita tetap belum akan menggunakan blank), maka satu-satunya pilihan yang bisa dilakukan adalah INTERNAL.

14 14a Paralel (contoh). Dengan modal dua huruf (Y dan A), dapat tiga kata dalam sekali jalan (YE, YA dan AA).

Pada sesi berikut kita akan bahas kenapa posisi ini penting, tapi untuk saat ini cukup diingat baik-baik saja.

15Hook (contoh). Seperti LID yang kita hook dengan RUNS menjadi SLID pada contoh sebelumnya, di sini HALL juga akan kita hook menjadi SHALL.

Perhatikan diagram di kanan. Yang perlu kita lakukan adalah membuat kata yang mengandung ‘S’ (agar bisa membentuk SHALL). Kata apa? Di sini ada beberapa pilihan. Untuk contoh, kita ambil CAST.

Sama seperti sebelumnya, dalam satu kali jalan kita dapat dua kata sekaligus.

17aAkhir permainan. Terlihat bahwa di rak hanya ada empat keping (bukan tujuh). Sebabnya adalah: tiles di dalam kantung sudah habis. Tidak ada keping yang bisa diambil lagi. Permainan berhenti begitu ada pemain yang mampu menghabiskan sisa tiles yang ada di raknya.

Sekarang jalan apa? (kali ini blank akan kita gunakan). Dengan papan dan stok rak seperti ini, pilihannya misalnya HIGH dan RIGHT (lihat panah hijau). Tapi kita juga bisa di tempat lain (panah kuning).

*****

Sesi pertama kita belajar membuat kata, lalu pada sesi ini kita telah tahu pula bagaimana menaruh kata (yang kita buat) di papan. Pada sesi berikutnya kita akan menghitung skor, karena menang-kalah dalam scrabble memang dilihat dari total skor yang didapat.

*****

——————————

Catatan:

  • Blank (‘kosong’) boleh digunakan kapan saja (pada contoh di sini sengaja ditahan untuk saat-saat terakhir).
  • Kedua contoh hook yang dibahas di atas adalah ‘hook depan’—meng-hook pada awal sebuah kata (LID-SLID dan HALL-SHALL). Contoh ‘hook belakang’ yang juga terjadi dalam partai ini misalnya RUB-RUBE (di-hook belakang oleh RUE) dan SLID-SLIDE (di-hook belakang oleh FIRE).
  • Jika perlu, pemain boleh kapan saja menukar huruf yang ada di rak dengan yang ada di kantung, dengan konsekuensi kehilangan giliran jalan (jumlah yang hendak ditukar bebas—boleh cuma satu, dua atau bahkan semua). Cara menukar adalah dengan menyisihkan huruf-huruf dari rak secara terbalik di meja (sehingga tidak diketahui lawan), mengambil sejumlah tiles yang sama dari bag, lalu memasukkan tiles yang dibalik tadi ke dalam bag. Pertukaran dilakukan pada giliran pemain ybs.
  • Dan kalau memang menghendaki, pemain bahkan boleh pass (melewatkan begitu saja gilirannya sendiri tanpa tukar satu keping pun).
  • Saat isi kantung tinggal tujuh tiles (atau apalagi kurang), pertukaran tidak bisa lagi dilakukan, meski tetap boleh pass. Ini adalah fase ending (permainan akhir).
  • Jika terjadi pass berturut-turut sebanyak jumlah pemain +1, permainan berakhir (misalnya jika hanya ada dua pemain: A pass, B pass dan A kembali pass).

–Ibotkeli–

Advertisements
Leave a comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: