Dasar 03 – skor & pencatatan

cap_basicSkor dihitung secara kumulatif dari awal hingga permainan berakhir. Kalau seorang pemain lewat atau tukar, skor ybs pada giliran tersebut adalah 0 (nol). Pemenang adalah pemain dengan skor akhir tertinggi.

Cara pencatatan bebas, tetapi dianjurkan mencatat baik skor per giliran jalan maupun skor kumulatif, karena akan memudahkan koreksi jika ada kekeliruan. Contoh ada pada tabel yang kedua di bawah (hanya kolom yang berwarna kuning terang saja).

Untuk merekonstruksi permainan, biasa digunakan notasi berdasarkan koordinat pada papan (bisa klik gambar papan scrabble kosong di sebelah kiri). Jika angka ditulis terlebih dahulu (8H), berarti mendatar. Jika huruf yang di depan (I7), berarti menurun (misalnya 8H:INTER dan I7:ONCE, cocokkan dengan diagram pada “Dasar 02 – mengisi papan“).

Rekonstruksi (gunakan papan dan keping scrabble Anda)

1.

2.

3.

4.

5.

6.
8H: INTER
I7: ONCE
H10: OUR
K4: DRONE
4I: LID
6J: MOATS
H1: RUNS
3E: AKIN
E2: HALL
11E: MENU
12D: WAX
8H: INTERN
7.

8.

9.

10.

11.

12.
13B: DEEP
5C: JILT
2G: QUEY
D12: WEST
8H: INTERNAL
M6: TANG
6B: WON
4H: SLIDE
08: LOVED
L1: FIRE
71: FOG
3L: RUB
13.

14.

15.

16.

17.
15D: TREAT
O1: RUE
14F: YA
B6: WOVE
1C: CAST
F5: TEPID
N11: BIO
N3: BIAS
14L: SIGH

Catatan: Rekonstruksi langkah ini hanya untuk ilustrasi. Dalam permainan sehari-hari, kita tidak perlu melakukan hal ini.

Pencatatan (hanya yang berwarna kuning):

Skor (A)
(1×2+4)x2
(1x2+2) + (1x2)
4
(1x2+3)x3 + (1x2+4)
(7×2)
(13×2) + (4) + (9)
(7×2) + (5) + (7)
(4×3+12) + (11)
(8×3)
(4×3+2) + (9) + (2)
(4+7)
(2x2+5) + (5) + (2x2+9)
(5×3)
(4x3+1) + (4x3+1) + (2)
(2+5) + (8)
(5) + (4) + (3)
(7x2) + (7x2)
Kata (A)
INTER
OUR, OE
LID
RUNS, SLID
HALL
WAX, MA, EX
DEEP, WE, MAP
QUEY, QI
INTERNAL
WON, JO, IN
LOVED
FOG, WO, JOG
TREAT
YA, YE, AA
CAST, SHALL
BIO, BE, ID
SIGH, BIOG
#
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
11.
12.
13.
14.
15.
16.
17.
A
12-12
6-18
4-22
21-43
14-57
39-96
26-122
35-157
24-181
25-206
11-217
27-244
15-259
28-287
15-302
12-314
28-342
(+11)
353
B
10-10
10-20
15-35
9-44
12-56
6-62
11-73
8-81
8-89
12-101
11-112
10-122
15-137
10-147
10-157
6-163

(-11)
152
Kata (B)
ONCE
DRONE
MOATS
AKIN
MENU
INTERN
JILT
WEST
TANG
SLIDE
FIRE
RUB
RUE
WOVE
TEPID
BIAS

[O=1; Z=10]

Catatan: Bidang oranya dan putih dibuat hanya untuk keperluan ilustrasi dan evaluasi di posting ini (tidak perlu dibuat dalam pencatatan).

Jika kata yang dibuat menegenai kotak bonus [letter] dan [word] sekaligus (sebagaimana INTER dan RUNS pada langkah pertama dan keempat), hitung dahulu bonus [letter] sebelum mengalikannya dengan bonus [word] (lihat bagian yang diberi warna magenta)

Kotak bonus ([DLS], [TLS], [DWS] dan [TWS]) hanya berlaku sekali yaitu saat pertama kali digunakan. Jadi pastikan Anda paham perhitungannya terutama pada bagian-bagian yang diberi tanda hijau (di mana seolah kotak bonus dihitung lebih dari 1x).

Pada akhir permainan, pemain yang mampu menghabiskan sisa hurufnya mendapat bonus angka sebesar penalti atas sisa huruf di rak lawan.

Evaluasi
Dari bidang oranye kita bisa melihat bagaimana pemain pertama (A) optimal dalam memanfaatkan jurus-jurus hook dan paralel (berkali-kali membuat lebih dari satu kata dalam sekali jalan) sehingga skor ybs pun juga jauh lebih besar.

*****

Vocabs:
AA n, ID n, JO n (pl JOES), OE n, QI n, WO n, YA pron, YE pron
BIO n, WAX v
BIOG n, QUEY n, SLID (SLIDE v ~S, ~DING, SLID, SLIDDEN)

——————————

–Ibotkeli–

Advertisements
Next Post
Leave a comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: