Daredevil

cap_advancedAda waktu untuk ‘main aman’, ada waktu untuk ‘main berani’, dan ada pula waktu untuk ‘main nekat’ sesuai keadaan. Tetapi keputusan yang kita ambil pada dasarnya lebih merupakan pilihan, bukan keterpaksaan.

Contohnya partai berikut. Dengan kombinasi rak yang ada, secara wajar yang saya (A) pikirkan waktu itu adalah J9:EGO dengan skor sekitar 30 (panah hijau). Tetapi tiba-tiba lawan (B) datang dengan 14D:DEVIL. Berani sekali! Situasi jadi berubah total.

A:68B:69
split the chance 01_89

Situasi

Lihat lajur-15 (panah merah). Jelas bahwa EL bisa di-hook dengan S, D, F, K, L dan M (banyak sekali)—dan tak satu pun dari itu semua ada di rak. Dengan keberanian seperti itu, bisa kita perkirakan B sudah cukup modal untuk melakukan hook terhadap EL pada langkah berikutnya (dan jika bingo, skornya mungkin akan sekitar 100).

Pilihan

Jika tetap dengan J9:EGO, kesannya terlalu tidak tanggap perubahan situasi. Selain itu perlu dicermati bahwa langkah ini akan [masih] menyisakan ‘Q’ + vokal di rak (yang bukan tak mungkin akan membuat rak kembali tidak fleksibel pada giliran berikutnya).

Dengan apa yang ada di rak, hook terhadap EL pada TWS tidak dapat dilakukan. Di lain pihak, blocking seperti 12H:GIE atau G13:LIE selain tampak tidak terlalu efektif juga masih akan menyisakan terlalu banyak vokal di rak.

Karena rak tidak balanced (terlalu banyak vokal), 15A:OGEE (panah putih) tampak tidak terlalu jelek. Keberatannya: dalam kondisi sekarang langkah ini terasa terlalu pasif dan seolah membiarkan lawan mengendalikan inisiatif (dengan ancaman hook TWS-nya).

Sepertinya ini saatnya untuk main nekat. Dan N9:OGEES (yang dalam situasi normal mungkin tak lebih dari jurus bunuh diri), dalam situasi ini jadi terkesan logis. Meski skor sangat kecil (10), tetapi alih-alih satu, sekarang ada dua TWS berpotensi skor besar yang siap dinikmati oleh dua orang pemain. Dengan kata lain: seorang satu(!).

A:78B:86split the chance 03_89

Tukar tempat

Lawan baru saja jalan AZALEA(!)—vocab-nya boleh juga. Tapi masalahnya bukan itu. Jelas beliau sedang kebanyakan vokal. Tetapi kenyataan bahwa ybs tidak jalan dengan ‘langkah normal’ seperti 15H:LEA atau 15A/O6:ALAE (skor kecil, meski dapat TWS) menunjukkan bahwa ybs benar-benar seorang daredevil. Situasinya masih serupa, bedanya adalah: kini lawan yang tidak ingin saya menikmati TWS [dengan potensi bingo] sendirian. Ia sengaja menjaga agar tetap ada dua TWS tersedia: tetap seorang satu(!).

Ganti prioritas

Sekarang ‘langkah normal’ seperti O8:QI meski menghasilkan angka lumayan (35) tetapi akan menyisakan kombinasi yang sangat tidak enak di rak. Dan mengingat bahwa untuk menyingkirkan ‘Q’ notabene ada cadangan langkah 13C:QI, sepertinya ada hal lain yang lebih mendesak yaitu membuang surplus vokal dengan O6:NAOI.

A:92B:100split the chance 05_89

Aha! Lawan kesulitan memanfaatkan TWS yang tersisa. Apa boleh buat, saya juga sulit. Sekarang pilihannya adalah: buang ‘Q’ saat ini juga (dengan G9:QAT, skor 40+) atau jalan yang lain? Dalam situasi ini, saya memilih menunda membuang ‘Q’ karena ada alternatif yang lebih menarik (11I:MIX, 40+ juga, tapi sekaligus buang surplus ‘I’).

*****

———————————

NB:

  • Tidak ada batasan spesifik kapan kita sebaiknya bermain berani atau justru harus hati-hati. Semua kembali kepada preferensi dan naluri pemain ybs. Yang penting adalah keputusan yang kita ambil haruslah merupakan hasil dari pertimbangan yang logis dan sesuai dengan situasinya.
  • Secara umum, menahan ‘Q’ terlalu lama sangat tidak dianjurkan, kecuali kita memang mempunyai alasan yang kuat untuk melakukannya. Bagi yang tertarik dengan hal ini dan tidak memiliki halangan membaca teks Inggris, silakan lihat ‘Treat your Queen rightfully‘.

–Ibotkeli–

Advertisements
Previous Post
Leave a comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: