Kata aneh – ‘mbira’

Geli sekaligus kaget adalah perasaan saat pertama kali pada sebuah permainan tiba-tiba mendapati lawan memainkan kata yang penampilannya demikian ‘tidak Inggris’ ini.

mbiraGeli, karena sebagai orang Indonesia, kata ini mau tak mau membuat kita berpikir tentang ‘gembira’. Apalagi sebagai orang Jawa, kata ini seperti mengingatkan pada beberapa logat di Jawa Tengah yang cenderung menambahkan ‘bunyi M’ pada sebagian kata yang diawali dengan huruf-B (Bandungan-mBandungan, Boyolali-mBoyolali, Borobudur-mBorobudur, Banyumas-mBanyumas dsb).

Toh MBIRA (sejenis instrumen musik khas Afrika) adalah sebuah kata yang valid (bisa dimainkan dalam scrabble). Selain LIRA (dan mungkin juga CAPOEIRA), umumnya orang akan kesulitan jika diminta menyebutkan kata Inggris yang berakhiran dengan ~IRA (yang jumlahnya memang tidak banyak).

Tapi kata dalam bahasa Inggris yang diawali dengan MB~? Ini jauh lebih jarang lagi(!). Setahu saya, hanya ada satu lagi yang polanya seperti ini: MBAQANGA (nama sejenis irama musik, dari Afrika juga). Sebuah kata ‘Q tanpa U’ (Aha!). πŸ’‘

*****

β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”

Sumber gambar: mus431.com

–Ibotkeli–

Advertisements
Leave a comment

6 Comments

  1. Mblayu, mblandhang hihihi … di kampungku sana juga suka nambahi m di depan kata yg berawalan dgn B πŸ˜›

    Baru tahu nih Bira di atas πŸ™‚

    Reply
    • Eh tapi mbira ini tulen-asli lho, ‘m’-nya ndak boleh dibusek. Beda dengan ‘mbrebes [mili]’ atau ‘mbonceng’ yang murni hasil kreativitas.. (halaah..!)

  2. mBolinggo (kota asal saya, Purbalingga) hahaha….
    Apakah tampilan blog ini diubah, atau hanya perasaan saya saja? πŸ˜€
    Jaman SMA dulu, suka main scrabble, cuma sayangnya hanya bisa membentuk kata dari kumpulan kosakata yang lazim didengar. Sekarang sukanya main Book Worm di hape haha….

    Reply
    • Oh, dari sana to? Saya pernah lho brenti nyantai bentar di ‘mBom Pensin’ (nΓ¨k iki kΓ©tok meksa) yang ada hiu-nya waktu otw ke Purwokerto.

      Benar, theme yang dulu kalau dijejali diagram kok feel-nya jadi terlalu teknis gitu, jadi diganti. Header juga, yang kemarin ada campuran ‘asing’, sekarang hanya ‘batik’, biar identitas Indonesianya lebih kuat. Btw hobi mah bebas, yang penting hepi. πŸ˜€

    • Wah, kapan-kapan kalau njenengan lewat mBolinggo lagi, kita harus sempatkan diri bersua haha….

      BTW, dari blog ini saya jadi tahu, kalau scrabble juga ada aturan serta strateginya, ada istilah-istilah kerennya, lagi. Dulu pas pertama dikenalkan oleh guru bahasa nginggris di sekolah, cuma disuruh nyusun kata dari kepingan-kepingan scrabble 😦

    • Boleh, nanti kalau pas ada perlu ke sana lagi bisa kabar-kabar.

      Wah kalau yang memperkenalkan guru nginggris berarti sudah banyak kemajuan namanya. Dulu jaman saya sekolah nyari orang yang pernah dengar istilah scrabble saja susahnya seampun-ampun. πŸ™‚

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: