Mantra sakti

cap_basicBoleh percaya boleh tidak, main scrabble ada mantranya. Kata-kata sakti yang akan sangat memudahkan kita untuk mengeluarkan tenaga dalam (Lho, tenaga dalam juga ada? Tepat sekali!). Ini kata-kata keramat itu.

Tips: baca 1x saja dalam hati dengan cepat, abaikan ucapannya, dan jauhi kamus(!)

AA
AB
AD
AE
AG
AH
AI
AL
AM
AN
AR
AS
AT
AW
AX
AY
BA
BE
BI
BO
BY
DE
DO
ED
EF
EH
EL
EM
EN
ER
ES
ET
EX
FA
FE
GO
HA
HE
HI
HM
HO
ID
IF
IN
IS
IT
JO
KA
KI
LA
LI
LO
MA
ME
MI
MM
MO
MU
MY
NA
NE
NO
NU
OD
OE
OF
OH
OI
OM
ON
OP
OR
OS
OW
OX
OY
PA
PE
PI
QI
RE
SH
SI
SO
TA
TI
TO
UH
UM
UN
UP
US
UT
WE
WO
XI
XU
YA
YE
YO
ZA

Ini bukan bocoran kode yang tidak-tidak, tetapi daftar kata [bahasa Inggris] yang terdiri dari dua huruf (two-letter words). Kata-kata ini akan membuat permainan scrabble Anda berubah—selamanya. Jadi perlu dihafal semua. Cuma sedikit, hanya 101 mantra. (Apa? Banyak sekali?! Mari kita buktikan bahwa ‘tuduhan’ itu sama sekali tidak tepat).

Trik: Ibarat bertempur, tidak mudah menghadapi 100 lawan sekaligus. Tapi akan lain jika kita hadapi mereka dalam jumlah jauh lebih sedikit—kelompok demi kelompok.

Pertama, keluarkan (coret/buang) terlebih dahulu kata-kata yang sudah Anda kenal seperti AN, IS, UP, TO dsb (silakan copy-paste daftar di atas ke dalam komputer Anda kalau perlu). Bagaimana? Jumlah ‘lawan’ sudah banyak berkurang, bukan? Heh..heh.. Sekarang lakukan pengelompokan kecilnya—caranya terserah. Misalnya begini:

MU
NU
UM
UN
UT
KA
KI
TA
XI
AX
EX
OX
JO
QI
XI
XU
ZA
AA
AE
AI
OE
OI
BY
MY
HM
MM
SH

Kita bisa ‘bermain bunyi‘. Kelompok pertama, MU-NU-UM-UN-UT (‘munu umunut’). Asal bunyi, memang—dan arti [munu umunut] juga tidak ada. Tapi bukankah ini lima kata yang sangat mudah diingat? (alih-alih menghafal, cobalah untuk melupakannya) Kelompok kedua, KA-KI-TA-XI. Kali ini ada artinya, meski kacau (‘kaki taxi’). Biar saja, yang penting dapat empat kata baru.

Cara lain misalnya dengan ‘pendekatan nilai‘. Kelompok ketiga (kolom tiga dan empat) adalah kata-kata yang mengandung huruf bernilai besar (Q-Z-J-X). Sebagian mungkin tampak aneh—sedemikian anehnya sehingga justru jadi mudah diingat.

Kelompok keempat (kolom lima dan enam) lain lagi: kata-kata yang hanya terdiri dari vokal atau konsonan saja. (Tampak ganjil? Bagus! Berarti gampang diingat)

*****

Prinsipnya: praktis selalu ada cara agar semua kata di atas jadi lebih mudah diingat (dalam grup-grup kecil). Cuma kurang asyik rasanya kalau contohnya diteruskan tanpa memberi Anda peluang untuk menemukan ‘jurus pengingat’ Anda sendiri. 🙂

Tapi apapun cara yang kita pakai, ada satu perkara yang mutlak perlu kita pelihara agar pekerjaan mengingat jadi mudah (bahkan otomatis) yaitu: praktekkan(!). Sekali lagi:

Gunakanlah kata-kata tersebut dalam permainan(!)

Percayalah, jangankan seratus, bahkan berlipat dari itu pun bukan soal sulit asal punya cukup mau dan rileks. Persis seperti saat kita masih kecil dan belum bersekolah dulu.

*****

(Ada kata-kata yang tidak terdapat di kamus? Silakan tanya di sini)
———————————

NB: Cuek sajalah jika ‘jurus pengingat’ yang Anda ciptakan ‘tidak keren’ atau bahkan norak (toh tidak ada yang tahu), yang penting efektif. Contoh: jika Anda orang Jawa, ingat saja UNTUMU–sambil mewanti diri bahwa satu-satunya kombinasi terlarang adalah TU (alias ‘TU nggak boleh’), maka mungkin seumur hidup Anda akan ingat MU-NU-UM-UN-UT. Coba, bukankah ini namanya ‘beli satu dapat lima’? :mrgreen:

–Ibotkeli–

Advertisements
Previous Post
Leave a comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: